Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:23:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-16T00:53:42Z2019-01-29T21:09:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16664This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/166642015-04-16T00:53:42ZHUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK
KELAS XI SMAN 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN
2012/2013 PADA MATERI POKOK
LARUTAN PENYANGGAPenelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia jika kemampuan penalaran peserta didik dikendalikan, (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia jika kemampuan verbal peserta didik dikendalikan, dan (3) kemampuan verbal dan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMAN 9 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 138 peserta didik dan dibagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel berjumlah 80 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 SMAN 9 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis korelasi parsial jenjang pertama dan analisis korelasi ganda. Selanjutnya koefisien korelasi parsial jenjang pertama diuji signifikansinya dengan uji t, dan koefisien korelasi ganda dengan uji F.
Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia apabila kemampuan penalaran peserta didik dikendalikan dengan r = 0,429 dan t¬hitung = 4,168 (thitung > ttabel), (2) ada hubungan yang positif namun tidak signifikan antara kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia apabila kemampuan verbal peserta didik dikendalikan dengan r = 0,028 dan t¬hitung = 0,246 (thitung < ttabel), (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan verbal dan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia dengan r = 0,6188 dan Fhitung = 23,908 (Fhitung > Ftabel).
Kata kunci : kemampuan verbal, kemampuan penalaran, prestasi belajar ilmu kimia, larutan penyanggaDwi Hartanti