Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:49:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-01-08T02:23:05Z2019-05-08T03:27:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62367This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/623672019-01-08T02:23:05ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA
Berorientasi Next Generation Science Standard (NGSS) untuk meningkatkan
Keterampilan Using Mathematics-Computational Thinking dan Pemahaman
Crosscutting ConceptLady Wahyu Hapsari2016-05-23T07:06:07Z2019-01-30T08:02:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32843This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/328432016-05-23T07:06:07ZPENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN
SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP KELAS VIIIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan hasil pengembangan
LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (2) pertumbuhan kemampuan
problem solving peserta didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan
authentic inquiry learning, (3) pertumbuhan sikap ingin tahu peserta didik SMP kelas
VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning.
Metode penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan model
4-D. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap define, design, develop, dan
disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk
dosen ahli dan guru IPA, lembar observasi keteraksanaan pembelajaran authentic
inquiry learning, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan
authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan problem solving, instrumen
soal tes problem solving berupa pretest dan posttest, lembar observasi sikap ingin
tahu peserta didik, dan angket sikap ingin tahu peserta didik. Subjek penelitian adalah
peserta didik SMP kelas VIII di SMP N 2 Imogiri. Teknik analisis data pada
kelayakan, respon peserta didik, dan angket sikap ingin tahu dengan mengkonversi
skor menjadi skala lima, untuk lembar observasi kemampuan problem solving dan
sikap ingin tahu dengan persentase, kemudian untuk tes kemampuan problem solving
dengan menggunakan gain score.
Hasil penelitian dari pengembangan LKPD IPA menunjukkan bahwa: (1)
LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning layak digunakan sebagai bahan
ajar dengan kategori sangat baik (A), didukung dengan hasil respon peserta didik
terhadap LKPD IPA berada pada kategori baik (B) dan keterlaksanaan pembelajaran
authentic inquiry learning dapat 100% terlaksana dengan sangat baik, (2)
Kemampuan problem solving peserta didik berdasarkan analisis gain score 0,6 berada
pada kategori Sedang, (3) Sikap ingin tahu peserta didik berada pada kategori sangat
baik (A).
Kata Kunci: LKPD, Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving, Sikap
ingin TahuLady Wahyu Hapsari