Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:20:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-15T08:17:33Z2019-10-01T11:48:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34787This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/347872016-06-15T08:17:33ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi
mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di
sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa
agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar.
Dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa
memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang
profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di
lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Muhammadiyah 1
Borobudur khususnya seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal
10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015 di SMK Muhammadiyah 1
Borobudur. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi praktek mengajar, di mana mahasiswa
terjun secara langsung lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam
kelas untuk mengajar. Praktik pembelajaran dilaksanakan secara terbimbing dan
mandiri di kelas XI AK 1 dan XI AK 2 SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, dengan
jumlah praktik mengajar sebanyak 15 kali tatap muka. Dengan diterjunkannya
mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan
pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan
atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai
bekal untuk membentuk keprofesionalannya.
Secara umum, program–program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang
telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar,
namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dapat dipastikan
selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas dan
pengelolaan waktu. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan
yang terjadi, sehingga program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat
terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi
mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.Hanifah Nur Izzati Hanifah Nur Izzati