Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:39:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-06T06:14:50Z2019-10-01T11:36:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50492This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/504922017-07-06T06:14:50ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PENDIDIKAN GEOGRAFI
SMA NEGERI 9 YOGYAKARTAPraktik Pengalaman lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk
mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan
tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib
ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan
menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi
pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat
merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung yang dilaksanakan di SMA
Negeri 9 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Sagan No. 1, Kelurahan Terban,
Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta yang berlangsung selama kurang lebih
2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan ini
mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang
diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 9 Yogyakarta. Praktik mengajar di kelas
dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan.
Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa mendapat banyak sekali
pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan hal manajerial
sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Tidak
terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PPL berlangsung. Dengan
adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru
dan menghadapi kondisi dan situasi yang ada. Mahasiswa juga berhadapan langsung
dengan siswa dengan segala bentuk problematika yang dihadapinya. Dapat
dikatakan, proses PPL mahasiswa UNY di SMA Negeri 9 Yogyakarta berjalan
dengan baik.
Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi
ilmu selama di kampus benar-benar diterapkan saat PPL berlangsung. Mahasiswa
juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun
profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan
pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan
masyarakat sekolah.Hanifah Khoiriyyah Huda Hanifah Khoiriyyah Huda