Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:56:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:30:45Z2019-01-29T16:01:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4580This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45802015-03-20T03:30:45ZTINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA
PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI
SE SLEMAN BARAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan dasar sepakbola siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri di Wilayah Kabupaten Sleman Barat Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lainnya. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Wilayah Sleman Barat yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 214 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola yang berumur 13 tahun keatas SMP Negeri di Wilayah Sleman Barat yang pada saat penelitian atau pengambilan data hadir dalam kegiatan ektrakurikuler sepakbola. Adapun jumlah siswa yang hadir pada saat itu adalah sebanyak 166 siswa.
Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu tes kecakapan The David Lee Soccer Potential Circuit Test. Tes ini dapat digunakan untuk anak usia 13 tahun keatas (Matur Player) (Eric Worthington, 1984: 8). Diantaranya lari cepat, lari zig-zag, dribbel/menggiring bola zig-zag, keeping, dan passing bola dalam satuan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri di Wilayah Kabupaten Sleman Barat Daerah Istimewa Yogyakarta, secara umum atau sebanyak 166 yang dijadikan sampel. Hasilnya sebesar 4,82% (8 siswa) memiliki keterampilan dasar bermain sepakbola yang “baik”, 87,95% (146 siswa) memiliki keterampilan dasar bermain sepakbola yang masuk dalam kartegori “sedang”, sisanya sebesar 7,23% (12 siswa) memiliki keterampilan dasar bermain sepakbola “kurang”.
Kata Kunci: Tingkat Keterampilan Dasar Bermain Sepakbola, Ekstrakurikuler, Siswa SMP.
Jumlah Halaman : xvi, 91
Hanif Mustafa Wiratama