Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:25:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-28T02:45:04Z2019-01-30T06:08:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29357This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/293572016-01-28T02:45:04ZPENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh:
Handoko Cahyandaru
NIM. 09520244001
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN
Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 211 siswa dan sampelnya sebanyak 118 siswa.
Data tentang keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pada penelitian ini
diambil dengan instrumen angket, sedangkan untuk data prestasi belajar diambil
dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan nilai rapor siswa. Uji
validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji
normalitas data dan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya
menggunakan korelasi sederhana.
Hasil analisis data menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan
ekstrakurikuler termasuk dalam kategori sangat tinggi (40%), kategori tinggi
(30,5%), kategori cukup (22,9%), kategori kurang (4,2%) dan kategori rendah
(1,7%). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat
tinggi (7,7%), kategori tinggi (26,2%), kategori cukup (33,9%), kategori kurang
(23,7%), dan kategori rendah (8,5%). Hasil dari pengujian hipotesis menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa dengan harga rhitung
(0,761) > rtabel (0,195). Sedangkan nilai signifikansi (0,00) < taraf signifikansi
(0,05). Persamaan regresi Y = 43,386+0,498 X menunjukan bahwa penerapan
keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bertambah satu, maka prestasi
belajar bertambah 0,498. Nilai determinan R2 = 0,579 yang berarti sumbangan
pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar
siswa adalah sebesar 57,9%, sedangkan 42,1% ditentukan oleh faktor lain.Cahyandaru Handoko2013-06-12T00:34:56Z2019-01-29T18:41:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10525This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105252013-06-12T00:34:56ZPENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 211 siswa dan sampelnya sebanyak 118 siswa. Data tentang keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pada penelitian ini diambil dengan instrumen angket, sedangkan untuk data prestasi belajar diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan nilai rapor siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan korelasi sederhana.
Hasil analisis data menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler termasuk dalam kategori sangat tinggi (40%), kategori tinggi (30,5%), kategori cukup (22,9%), kategori kurang (4,2%) dan kategori rendah (1,7%). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi (7,7%), kategori tinggi (26,2%), kategori cukup (33,9%), kategori kurang (23,7%), dan kategori rendah (8,5%). Hasil dari pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa dengan harga rhitung (0,761) > rtabel (0,195). Sedangkan nilai signifikansi (0,00) < taraf signifikansi (0,05). Persamaan regresi Y = 43,386+0,498 X menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bertambah satu, maka prestasi belajar bertambah 0,498. Nilai determinan R2 = 0,579 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 57,9%, sedangkan 42,1% ditentukan oleh faktor lain.
Cahyandaru Handoko 2013-05-28T07:31:46Z2019-01-29T18:41:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10516This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105162013-05-28T07:31:46ZTHE EFFECT OF STUDENTS ACTIVENESS IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES TOWARD STUDENT ACHIEVEMENT OF 11th CLASS MAN YOGYAKARTA II ACADEMIC YEAR 2012/2013This study aimed to determine the effect of students activiness in extracurricular activities toward students achievement MAN Yogyakarta II 11th class academic year 2012/2013.
The population in this study were students of 11th class who take extracurricular activities as much 211 students and the sample was 118 students. The data of student activeness in this study were taken with a questionnaire instrument, while for the learning achievement data retrieved by using the method of documentation, namely student report cards. Validity test of the instrument using Product Moment correlation and reliability test using Cronbach Alpha. Data requirements analysis test using the normality test and linearity test, while for hypothesis testing using simple correlation.
The results of data analysis showed that the students activeness in extracurricular activities are belong to the category of very high (40%), high (30.5%), fair (22.9%), less (4.2%) and low categories ( 1.7%). As for the learning achievement of students belong to the category of very high (7.7%), high (26.2%), fair (33.9%), less (23.7%), and low categories (8, 5%). The results of hypothesis testing showed that there was a positive and significant effect between students activeness in extracurricular activities toward students achievement at a value rcount (0.761)> rtable (0.195). While the significance value (0,00) < significance level (0,05). Regression equation Y = 43.386 +0.498 X showed that the application of students activiness in extracurricular activities increased by one, then the learning achievement increased 0,498. Determinant value R2 = 0.579 which means that contributions effect of students activeness in extracurricular activities toward student achievement were at 57.9%, while 42.1% were determined by other factors.Cahyandaru Handoko