Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:05:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-07T01:45:30Z2019-01-29T22:08:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18290This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/182902015-05-07T01:45:30ZKEEFEKTIFAN METODE ENAM TOPI BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keterampilan diskusi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode enam topi berpikir dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan; (2) menguji keefektifan metode enam topi berpikir dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan rancangan control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa metode enam topi berpikir dan variabel terikat berupa keterampilan diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X-D sebagai kelompok kontrol dan kelas X-B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu berupa tes keterampilan diskusi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Penghitungan data dengan menggunakan teknik statistik uji-t.
Simpulan penelitian ini berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan uji-t adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan diskusi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode enam topi berpikir dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan (dibuktikan dengan nilai p sebesar 0,041 (p < 0,05)); (2) metode enam topi berpikir efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman (dibuktikan dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05)).Dyah Wuri Handayani