Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:36:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-06T01:57:49Z2019-01-30T09:27:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33876This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/338762016-06-06T01:57:49ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA
PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK
MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA
PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK
MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Oleh:
Ahmad Luthfie Hakim
NIM 11503244026
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan keaktifan siswa
pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, (2)
Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa
kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model
pembelajaran Quantum Teaching.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dengan
data berupa data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X TP 2 dengan jumlah siswa 27. Data keaktifan siswa
dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan
dengan menggunakan hasil ulangan harian.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya peningkatan keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran pada siklus I persentase Keaktifan dalam proses
pembelajaran 75%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II diperoleh
persentase keaktifan rata-rata 86%. (2) Adanya peningkatan prestasi hasil
belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar
63% dan pada siklus II sebesar 82%.
Kata Kunci: Pelajaran Teknologi Mekanik, pembelajaran menggunakan model
Quantum Teaching.Ahmad Luthfie Hakim