Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:40:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-27T01:30:05Z2019-01-30T06:07:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29303This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/293032016-01-27T01:30:05ZPenerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software
Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel
Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 1 WinongABSTRAK
Penerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software
Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel
Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 1 Winong
Oleh
Habit Nursila
NIM. 09520244073
Aktivitas dan hasil belajar TIK siswa kelas VIII A MTs Negeri 1
Winong masih rendah. Hal itu disebabkan oleh minimnya pemanfaatan media
dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam
pembelajaran TIK, salah satunya dengan menggunakan media video tutorial dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas
belajar sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas VIII A
MTs Negeri 1 Winong melalui penggunaan media video tutorial dalam
pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong. Penelitian
berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri
dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Validasi data yang
digunakan yaitu teknik saturation. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik
analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video tutorial
dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga berdampak pada peningkatan hasil
belajar TIK siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa
pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh
yaitu sebesar 76,38 dan Pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa yang
diperoleh yaitu sebesar 82,40%. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari
nilai tes siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I persentase hasil belajar
siswa sebesar 83,33%, dan Pada siklus II persentase pemhaman belajar siswa
sebesar 91,66%. Dengan demikian, penggunaan media video torial dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran TIK pada sub bab fungsi sederhana microsoft
excel kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong.
Kata kunci: Video Tutorial, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.Nursila Habit2013-07-17T06:36:51Z2019-01-29T18:44:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10599This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105992013-07-17T06:36:51ZApplication Of Media Video Tutorial With Camtasia Software Utilization In Learning Simple Functions Microsoft Excel To Improve Student Learning Activities Thus Have An Impact On Improving Student Learning Outcomes Class VIII MTS N 1 WinongICT activities and learning outcomes of students class VIII A in MTS N 1 Winong still low. It is caused by lack of use of media in teaching. Therefore, efforts should be made improvements in ICT learning, one using the tutorial video media in learning. This study aims to determine the increase in learning activities that have an impact on improving student learning outcomes ICT VIII class A MTs Negeri 1 Winong through the use of media in learning video tutorial.
This research is a classroom action research subjects the students of class VIII A 1 Winong MTs. The research took place in two cycles consisting of 4 meetings. The study consisted of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection using observation sheets and tests. Data validation is a technique used saturation. The data were analyzed using qualitative analysis techniques. The results showed that the use of video tutorials media can enhance learning activities that have an impact on improving student learning outcomes ICT class VIII A 1 Winong MTs. This can be evidenced by an increase in the percentage of activity and student learning outcomes in each cycle. In the first cycle, the percentage of student activity obtained is equal to 76.38 and the second cycle the percentage of student activity obtained is equal to 82.40%. Improved learning outcomes can also be seen from the test scores of students who achieve mastery. In the first cycle, the percentage of student learning outcomes at 83.33%, and the second cycle students pemhaman percentage of 91.66%. Thus, the use of video media torial can improve student learning activities that have an impact on improving student learning outcomes in ICT subjects in section microsoft excel simple function class VIII A 1 Winong MTs.
Keywords: Video Tutorials, Learning Activity, Learning Outcomes.Nursila Habit