Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:48:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-05T02:40:41Z2019-01-29T02:33:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8281This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82812012-12-05T02:40:41ZMODIFIKASI REM TROMOLPADA HONDA GL PROMENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS(COMBI BRAKE SYSTEM)Tujuan darimodifikasi rem tromol Honda GL PRO menjadirem cakram
dengan teknologiCBSini adalah (1) Membuat rancanganrem tromol Honda GL
PRO menjadirem cakram. (2) Membuat rancanganrem CBSpada sistem rem
Honda GL PRO. (3) Memodifikasi rem tromol menjadirem cakrampada Honda
GL PRO dan mengaplikasi teknologi CBS, dan (4) Mengetahui hasil modifikasi
padaHonda GL PRO.
Proses modifikasidiantaranya:(1) Modifikasi rem tromol menjadirem
cakram dimulai dari pembuatan lubang untuk dudukan piringan, pembuatan
dudukan master rem belakang,pengubahan tuas ayun pedal rem, pemasangan
piringan pada dudukan piringan, pemasangan kaliper belakang, pemasangan
master rem belakang,pemasangan selang rem belakang,pengisian minyak rem
dan proses bleeding. (2) Aplikasi teknologi CBS setelah rem belakang
dimodifikasidimulai daripembuatan pengganti baut penyalur fluidapadamaster
rem depan, memodifikasi kaliper belakangyang berjenis piston ganda yaitu kerja
piston pada kaliper dijadikan kerja piston tunggal kemudian pemindahan lubang
intake fluida pada masing-masing piston dan penambahan lubang buangangin
pada piston yangbelum terdapatlubang buang angin, dilanjutkan dengan proses
pemasangan dimulai dari pemasangan master rem depan, pemasangan kaliper
depan, pemasanganselang pada kaliper belakang dan kaliper depan kemudian
pengisian minyak rempada master rem depan, prosesbleeding. Pengujiankinerja
rem keseluruhan dilakukan dengan cara uji jalan, variabel yang dilihat adalah
jarak pengereman pada kecepatan yang bervariasi.
Hasilpengujian adalah sebagai berikut: Aplikasirem CBS ditambah rem
cakram belakangmenunjukankinerja 40% lebih baikdibandingkan denganrem
depancakram(standar) ditambah rem belakang tromol (standar) pada kecepatan
60 km/jam dan apabila kecepatan semakin ditingkatkan maka kinerja rem CBS
ditambah rem belakangcakram akan semakin meningkat juga. Demikian hasil
modifikasi rem tromol menjadicakramdengan aplikasi teknologi CBS, lebih baik
daripadaremcakramataupun rem tromol.Kata kunci :Modifikasi, Remcakram, CBS.ROKHANDY HASNUL2012-10-25T00:18:47Z2019-01-29T01:59:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6830This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68302012-10-25T00:18:47ZMODIFIKASI REM TROMOL PADA HONDA GL PRO MENJADI REM CAKRAM DENGAN TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE SYSTEM) Tujuan dari modifikasi rem tromol Honda GL PRO menjadi rem cakram dengan teknologi CBS ini adalah (1) Membuat rancangan rem tromol Honda GL PRO menjadi rem cakram. (2) Membuat rancangan rem CBS pada sistem rem Honda GL PRO. (3) Memodifikasi rem tromol menjadi rem cakram pada Honda GL PRO dan mengaplikasi teknologi CBS, dan (4) Mengetahui hasil modifikasi pada Honda GL PRO.
Proses modifikasi diantaranya: (1) Modifikasi rem tromol menjadi rem cakram dimulai dari pembuatan lubang untuk dudukan piringan, pembuatan dudukan master rem belakang, pengubahan tuas ayun pedal rem, pemasangan piringan pada dudukan piringan, pemasangan kaliper belakang, pemasangan master rem belakang, pemasangan selang rem belakang, pengisian minyak rem dan proses bleeding. (2) Aplikasi teknologi CBS setelah rem belakang dimodifikasi dimulai dari pembuatan pengganti baut penyalur fluida pada master rem depan, memodifikasi kaliper belakang yang berjenis piston ganda yaitu kerja piston pada kaliper dijadikan kerja piston tunggal kemudian pemindahan lubang intake fluida pada masing-masing piston dan penambahan lubang buang angin pada piston yang belum terdapat lubang buang angin, dilanjutkan dengan proses pemasangan dimulai dari pemasangan master rem depan, pemasangan kaliper depan, pemasangan selang pada kaliper belakang dan kaliper depan kemudian pengisian minyak rem pada master rem depan, proses bleeding. Pengujian kinerja rem keseluruhan dilakukan dengan cara uji jalan, variabel yang dilihat adalah jarak pengereman pada kecepatan yang bervariasi.
Hasil pengujian adalah sebagai berikut: Aplikasi rem CBS ditambah rem cakram belakang menunjukan kinerja 40% lebih baik dibandingkan dengan rem depan cakram (standar) ditambah rem belakang tromol (standar) pada kecepatan 60 km/jam dan apabila kecepatan semakin ditingkatkan maka kinerja rem CBS ditambah rem belakang cakram akan semakin meningkat juga. Demikian hasil modifikasi rem tromol menjadi cakram dengan aplikasi teknologi CBS, lebih baik daripada rem cakram ataupun rem tromol.
ROKHANDY HASNUL