Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:55:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-14T02:52:23Z2016-07-14T02:52:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36390This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/363902016-07-14T02:52:23ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS LINGKUNGAN DAN TEKNOLOGIKeberadaan media, di SMP dan SMA, sangat dibutuhkan karena berbagai alasan. Media bukan saja berfungsi membantu siswa memahami mataeri tetapi juga membuat suasana belajar yang menyenangkan dan multiindrawi. UNY sebagai LPTK berusaha menggali berbagai media berbasis lingkungan dan teknologi yang bertebaran tetapi luput dari perhatian para guru. Secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis lingkungan dan teknologi, yang terdiri dari: (1) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan, (2) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis teknologi, dan (3) panduan melaksanakan pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan dan teknologi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan membantu mahasiswa pascasarjana agar cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian payung dari penelitian mahasiswa yang selanjutnya disebut penelitian anak payung.
Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga (3) tahun. Tahun kedua, yakni tahun 2014 ini telah dihasilkan empat media yang telah divalidasi dan diuji-coba, yakni media kartu kata, media diskusi dengan adobe media flash, media solikata berbasis komputer, dan media pembelajaran menulis untuk bahasa Jawa. Berdasarkan hasil uji-coba itulah, empat media yang dihasilkan telah diperbaiki. Pada tahun kedua ini telah diluluskan lima mahasiswa S2 Pascasarjana dengan tesis tentang media. Untuk tahun 2015 ditambahkan dua mahasiswa Pascasarjana yang baru sebagai anggota payung. Tahun ketiga bertujuan melakukan uji efektivitas media, melakukan menyempurnakan panduan, dan melakukan sosialisasi media beserta panduannya. Penelitian ini melibatkan 6 kelas untuk uji efektivitas dan 50 guru untuk sosialisasi media. Data diperoleh melalui eksperimen dengan tes dan workshop. Data dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian tahun ke-2 telah menghasilkan 4 media, yakni media kartu kata, media menyimak dengan adobe media-flash, solikata, dan media menulis. Hasil uji-coba media menunjukkan hitungan: rerata 3,67 untuk media kartu kata (kategori cukup), rerata 4,00 media diskusi adobe media-flash (kategori baik), rerata 3,7 untuk media solikata (kategori cukup), dan rerata 3,65 untuk media berbahasa Jawa (kategori cukup). Kelebihan media ini terletak pada inovasi dan fleksibiltas sasaran (SMP dan SMA), kemudahan evaluasi. Ada pun kekurangan media terdapat pada durasi. Media telah diperbaiki berdasarkan masukan via FGD dan hasil observasi dalam proses uji-coba media di lapangan. Media telah siap untuk diuji efektivitas dan sosialisasi di tahun ke-3. Penelitian tahun ketiga telah menghasilkan empat media yang telah diketahui efektivitasnya dan akan diuji keberterimaannya melalui proses sosialisasi. Pada tahun ketiga ini telah dilakukan uji efektivitas, daan pada bulan November akan dilakukan sosialisasi media kepada pengguna. Selain itu akan dilakukan pendaftaran HKI HC segera setelah uji efektivitas dilakukan. Tahun ketiga juga menghasilkan artikel jurnal.HARYADI HARYADIMusfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. Tadkiroatun. Suwarjo , Dr., M.Si2015-07-13T07:06:41Z2015-07-13T07:06:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23411This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/234112015-07-13T07:06:41ZPengembangan Media Pembelajaran Bahasa
Berbasis Lingkungan dan TeknologiPenelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis
lingkungan dan teknologi, yang terdiri dari: (1) dua media pembelajaran bahasa integratif
berbasis lingkungan, (2) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis teknologi, dan
(3) panduan melaksanakan pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan dan
teknologi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan membantu mahasiswa pascasarjana agar
cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian. Penelitian ini merupakan
penelitian payung dari penelitian mahasiswa yang selanjutnya disebut penelitian anak
payung.
Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan
selama tiga (3) tahun. Tahun pertama, yakni tahun 2013 ini, telah dilakukan pengkajian
penggunaan media pembelajaran bahasa di SMP dan SMA dan merancang draf media
pembelajaran bahasa berbasis lingkungan dan teknologi, menyelenggarakan FGD dengan
para guru untuk membahas draf media dan melakukan revisi. Pada tahun pertama,
penelitian ini melibatkan enam mahasiswa program magister. Hasil penelitian mahasiswa
digunakan sebagai bahan pertimbangan memperbaiki draf media dan membuat media jadi.
Tahun kedua, akan dilakukan validasi terhadap media-media yang telah dikembangkan
pada tahun pertama, mengembangkan panduan penggunaan media dan menyelenggarakan
FGD untuk membahas draf panduan, melakukan uji-coba media di sekolah dan merevisi
produk media dan panduan. Tahun ketiga, akan dilakukan diseminasi media dan panduan
yang dihasilkan ke guru-guru serta pihak terkait, merevisi jika masih diperlukan, produksi
massal, dan pengusulan HAKI HC.
Hasil penelitian tahun pertama saat ini adalah 2 draf media pembelajaran bahasa
berbasis lingkungan, 2 draf media pembelajaran bahasa berbasis teknologi. Selain itu, pada
akhir tahun pertama, 3 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sudah dapat
menyelesaikan tesisnya.HARYADI HARYADIMusfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. Tadkiroatun- Suwardisainswar@yahoo.com2015-07-13T07:04:18Z2015-07-13T07:04:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23410This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/234102015-07-13T07:04:18ZPengembangan Media Pembelajaran Bahasa
Berbasis Lingkungan dan TeknologiPenelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis
lingkungan dan teknologi, yang terdiri dari: (1) dua media pembelajaran bahasa integratif
berbasis lingkungan, (2) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis teknologi, dan
(3) panduan melaksanakan pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan dan
teknologi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan membantu mahasiswa pascasarjana agar
cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian. Penelitian ini merupakan
penelitian payung dari penelitian mahasiswa yang selanjutnya disebut penelitian anak
payung.
Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan
selama tiga (3) tahun. Tahun pertama, yakni tahun 2013 ini, telah dilakukan pengkajian
penggunaan media pembelajaran bahasa di SMP dan SMA dan merancang draf media
pembelajaran bahasa berbasis lingkungan dan teknologi, menyelenggarakan FGD dengan
para guru untuk membahas draf media dan melakukan revisi. Pada tahun pertama,
penelitian ini melibatkan enam mahasiswa program magister. Hasil penelitian mahasiswa
digunakan sebagai bahan pertimbangan memperbaiki draf media dan membuat media jadi.
Tahun kedua, akan dilakukan validasi terhadap media-media yang telah dikembangkan
pada tahun pertama, mengembangkan panduan penggunaan media dan menyelenggarakan
FGD untuk membahas draf panduan, melakukan uji-coba media di sekolah dan merevisi
produk media dan panduan. Tahun ketiga, akan dilakukan diseminasi media dan panduan
yang dihasilkan ke guru-guru serta pihak terkait, merevisi jika masih diperlukan, produksi
massal, dan pengusulan HAKI HC.
Hasil penelitian tahun pertama saat ini adalah 2 draf media pembelajaran bahasa
berbasis lingkungan, 2 draf media pembelajaran bahasa berbasis teknologi. Selain itu, pada
akhir tahun pertama, 3 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sudah dapat
menyelesaikan tesisnya.HARYADI HARYADIMusfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. Tadkiroatun- Suwardisainswar@yahoo.com2012-08-10T05:50:57Z2019-01-29T15:50:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3975This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39752012-08-10T05:50:57ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER TENTANG KIMIA UNSUR UNTUK SISWA SMA KELAS XIIPenelitian ini merupakan penelitian pengcmbangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbantuan komputer tentang kimia unsur untuk siswa SMA kelas XII semester 2 dalam bentuk CD dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA.
Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif , menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi tentang kimia unsur dilanjutkan dengan penyusunan rancangan media pembelajaran kimia kemudian membuat CD media pembelajaran kimia. CD media pcmbelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media dan peer review. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi CD media pembelajaran kimia. Langkah selanjutnya menilaikan CD media pembelajaran kimia kepada reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan.
Penelitian ini telah berhasil mengembangkan CD media pembelajaran kimia tentang kimia unsur dan telah diketahui kualitasnya. Hasil penilaian rerata skor total CD media pembelajaran tentang kimia unsur pada materi pokok kelimpahan unsur di alam adalah 222,0; pada materi pokok sifat unsur adalah 225,0; pada materi pokok manfaat clan dampak unsur dan senyawa adalah 224,0; pada materi pokok pembuatan unsur dan senyawanya adalah 228,4 dan pada materi pokok penentuan kadar zat adalah 225,8 sehingga CD media pembelajaran kimia tentang kimia unsur yang dihasilkan termasuk kategori kualitas baik (B).
HARYADI HARYADI