Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:21:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T04:30:53Z2019-10-01T12:01:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38467This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/384672016-08-03T04:30:53ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI
SMA NEGERI 1 TEMPEL
Banjarharjo, Pondokrejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta
02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Praktik ini digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi
tenaga pendidik. Penyusun berkesempatan melaksanakan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Tempel yang terletak di Banjarharjo, Pondokrejo,
Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan
pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang
digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai,
sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik.
Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari
observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan
mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL
dilaksanakan di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI IIS 1 dan XI IIS 2. Usaha untuk
mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan
selalu melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk menyamakan persepsi
tentang materi yang diajarkan dan untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan
dalam pelaksanaan praktek mengajar untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.
Berdasarkan pelaksanaan PPL mulai 02 Juli – 17 September 2014, mahasiswa
telah menerapkan berbagai ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang
Pendidikan Sejarah yang diperoleh di bangku perkuliahan serta mendapat banyak
pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna dikemudian
hari. Mahasiswa dapat menemukan berbagai persoalan dan karakter peserta didik
dalam kegiatan belajar mengajar. Persoalan dan karakter peserta didik yang
heterogen mengharuskan mahasiswa PPL menentukan metode pembelajaran yang
tepat sebagai salah satu cara mengatasi persoalan yang ada.HARTANTININGSIH HARTANTININGSIH