Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:04:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-28T21:33:53Z2019-01-30T00:13:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21744This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/217442015-06-28T21:33:53ZPENERAPAN PERMAINAN DART UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA AL FALAAH LEKISREJO OGAN
KOMERING ULU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012Proses pembelajaran sejarah di MA Al Falaah Lekisrejo didominasi dengan
model belajar ceramah, dan kurang menerapkan model pembelajaran. Hal ini
sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru harus
mulai menggunakan model-model pembelajaran yang merangsang keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui
bagaimana meningkatkan prestasi siswa dengan penerapan permainan Dart, (2)
untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada penerapan permainan Dart, (3)
untuk mengetahui kelebihan yang dihadapi pada penerapan permainan Dart.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakup
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam
penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar.
Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri
dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis
kuantitatif.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan Dart yaitu kegiatan
pembelajaran bertukar informasi dengan cara diskusi kelompok dimana masingmasing
kelompok mendapatkan materi yang dibahas dari melempar anak Dart
kemudian mempersentasikan didepan kelas. Penggunaan pembelajaran ini dapat
meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi
pada setiap siklusnya. Pada siklus I, prestasi belajar siswa meningkat sebesar 1.17
poin atau 11.7%. Pada siklus II meningkat sebesar 1.41 atau 11.41 poin. Pada
siklus III meningkat sebesar 2.07 poin atau 20.7%. Kendala yang dihadapi selama
penelitian ini adalah masih ada siswa yang ramai dengan pelaksanaan permainan
Dart. kekurangan waktu pada proses pembelajaran siklus II dan III dilaksanakan,
dengan penambahan Tanya jawab yang dilakukan guru kepada siswa maupun
siswa kepada siswa yang lainnya. Hal ini terjadi karena dalam pemberian Tanya
jawab ada perdebatan jawaban pendapat dari pemberi dan penererima pertanyaan.
Siswa kelas XI IPS MA Al Falaah Lekisrejo jarang melakukan persentasi jadi
pada awal penelitian yaitu pada siklus I diskusi dan persentasi masih kurang
kondusif,. Kelebihannya adalah teknik pembelajaran menjadi menyenangkan,
siswa semangat, prestasi belajar meningkat.
Kata kunci: Penerapan permainan Dart, prestasi belajar, MA Al Falaah Lekisrejo,
Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan.. HARMANTO