Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:38:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-30T06:54:41Z2019-01-30T10:48:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40900This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/409002016-08-30T06:54:41ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP N 2 WONOSARIPenulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya di SMP N 2 Wonosari.
Penulisan ini termasuk jenis penulisan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penulisan ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2
Wonosari tahun ajaran 2015/2016. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling (sampel acak berstrata) sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Hasil uji validitas pada kuesioner dari
44 butir soal yang diuji coba, terdapat 38 soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,943. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penulisan menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya di SMP N 2
Wonosari mayoritas dipengaruhi faktor dari dalam individu pada kategori tinggi (52,0%), sedangkan faktor dari luar individu pada kategori tinggi (48,0%), (2) faktor dari dalam individu ditinjau dari faktor psikis mayoritas berada pada kategori tinggi (48,0%) dan faktor fisik pada kategori tinggi (46,0%), (3) faktor psikis ditinjau dari dimensi minat dalam kategori tinggi (46,0%), kecerdasan dalam kategori sedang (48%), bakat dalam kategori tinggi (56%), dan motivasi dalam kategori tinggi (38,0%), dan (4) faktor dari luar individu ditinjau faktor lingkungan berada pada kategori tinggi (40,0%), faktor guru berada pada kategori sangat tinggi (62,0%), faktor metode mengajar berada pada kategori tinggi (58,0%), faktor kurikulum berada pada kategori sangat tinggi (34,0%), faktor program berada pada
kategori tinggi (44,0%), dan faktor sarana dan prasarana berada pada kategori sedang (50,0%).Winda Gunawan