Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:26:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-03T15:44:09Z2012-09-03T15:44:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4838This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48382012-09-03T15:44:09ZMEKANISME PEMAHAMAN TEKS BERBAHASA INGGRIS
MAHASISWA PENUTUR BAHASA INDONESIASejak awal adanya mata pelajaran bahasa Inggris di dalam
kurikulum sekolah menengah di Indonesia selalu dipesankan bahwa
kemampuan membaca teks berbahasa Inggris merupakan output
keterampilan yang paling diharapkan untuk dapat tumbuh pada diri para
pembelajar Indonesia. Dengan disediakannya jadwal pelajaran bahasa
Inggris bersiklus mingguan tanpa terputus selama tiga tahun di
SMP/SLTP dan tiga tahun pula di SMA/SLTA, maka sangat wajar bila
harapan tumbuhnya keterampilan tersebut dapat direa/isasikan.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian
tumbuhnya keterampilan membaca teks berbahasa Inggris tamatan
SMA/SLTA umumnya masih relatif rendah atau bahkan sangat rendah.
Kemampuan ini dikatakan rendah bila pesan alau isi teks sudah dapat
ditangkap atau dimengerti namun masih mengandung cacat atau masih
kurang tepat seperti yang dimaksudkan penulisnya; sedangkan
kemampuan ini dikatakan sangat rendah bila pesan atau isi teks yang
ditangkap atau dipahami sangat jauh berbeda alau bahkan tidak ada
hubungannya dengan isi seperti yang dimaksudkan penu/isnya.Terhadap rendahnya tingkat ketercapaian tumbuhnya kemampua
membaca teks berbahasa Inggris tersebut tentu saja perlu secara teru
menerus diupayakan peningkatannya, atau sekurang-kurangnya dap
ditemukan semakin banyak informasi tentang hal-hal yang menja
penyebabnya. Memang umumnya telah dipahami bahwa penyebabny
pastilah sangat beragam dan kompleks. Tu/isan ini merupakan bagia
dari upaya menggali informasi penyebab termaksud dengan ca
mengamati sebagian teks berbahasa Indonesia yang merupakan has
penerjemahan bebas teks berbahasa Inggris yang dilakukan oleh subje
belajar sebuah institusi pendidikan di atas sekolah menengah (tertia
education).- Gunawan