Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:22:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-19T05:05:55Z2019-01-30T05:35:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28407This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/284072015-11-19T05:05:55ZPEMBINAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALTERNATIF
BERBASIS KOMUNITAS (STUDI PADA KOMUNITAS
BELAJAR QARYAH THAYYIBAH)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan
pembinaan peserta didik di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilakukan bulan Januari s.d Maret 2015. Teknik pemilihan informan pada
penelitian ini menggunakan snowball sampling. Informan pada penelitian ini
adalah guru pendamping dan peserta didik di KBQT. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data
menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan peserta didik di KBQT
didasarkan pada potensi dan minat peserta didik yang tertuang dalam bentuk
target (rencana capaian) peserta didik. Lebih lanjut ada dua komponen utama yang
dipersiapkan dalam pembinaan peserta didik di KBQT, yaitu guru pendamping
yang memenuhi persyaratan sebagai guru di sekolah alternatif dan sarana
pendukung yang disediakan dengan melibatkan seluruh lingkungan KBQT.
Dalam penyediaan berbagai layanan pembelajaran, KBQT menempatkan diri
sebagai sebuah sistem yang terbuka, sehingga KBQT selalu melakukan kontak
dengan masyarakat dan lingkungan sekitar untuk mendakapatkan dukungan baik
pra, saat dan pasca pelaksanaan program pendidikan. Dalam rangka pembinaan
aspek akademik guru pendamping di KBQT membebaskan peserta didik untuk
belajar sesuai dengan minat masing-masing. Disisi lain pembinaan aspek non
akademik lebih menekankan pada pembentukan karakter dan menanamkan
budaya mendewasakan yang tercermin dari sedikitnya peraturan untuk peserta
didik.Pradewi Gunarti Ika-