Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:12:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-10-10T07:20:45Z2019-01-29T16:52:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6616This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66162012-10-10T07:20:45ZPELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SMK NEGERI 2 PENGASIH
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui rancangan dari program pengembangan diri SMK Negeri 2 Pengasih; (2) mengetahui pelaksanaan dan strategi pendekatan sekolah dalam melaksanakan program pengembangan diri; (3) mengetahui pengaruh program pengembangan diri terhadap pembentukan karakter siswa SMK Negeri 2 Pengasih.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan mixed method. Subyek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, guru konselor, guru pembina ekstrakurikuler, dan siswa. Obyek penelitiannya adalah layanan bimbingan konseling dan karir, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pengembangan diri yang mendukung dalam pelaksanaan program pengembangan diri lainya yang terdapat di SMK Negeri 2 Pengasih. Sampel penelitian berjumlah 200 siswa diambil 20% dari jumlah populasi 973 siswa kelas X dan XI, dengan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, dengan menggunakan instrumen penelitian model Rating Scale dan skala Likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perancangan program pengembangan diri SMK Negeri 2 Pengasih melalui pelayanan konseling memiliki kriteria sangat baik yaitu 92,85%, begitupula dengan perancangan program pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler memiliki kriteria sangat baik yaitu 85,71%; (2) pelaksanaan program pengembangan diri yang diambil dari jumlah sampel 200 siswa mempunyai kecenderungan terhadap pelayanan konseling dan karir 30% dengan kategori baik, kegiatan ekstrakurikuler 48% dengan kategori baik, kegiatan tidak terprogram 49% kategori rendah. Secara keseluruhan kecenderungan siswa terhadap pelaksanaan program pengembangan diri 30,50% kategori sangat baik; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pelaksanaan program pengembangan diri terhadap pembentukan karakter siswa, dimana (thitung = 6,506) > (ttabel (α=5%) = 1,972).
Tegar Gresika Voor