Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:40:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-14T02:54:52Z2019-01-30T14:46:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51935This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/519352017-08-14T02:54:52ZPENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM
DENGAN PENDEKATAN MEDIA ROTKRAM PADA SISWA
KELAS V SD TIRTOMULYO KRETEK KECAMATAN
BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAPermasalahan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
Jasmani khususnya dalam atletik lempar cakram tidak maksimal dan kurang
efisien dari segi waktu karena keterbatasan alat. Penelitian ini bertujuan
mengetahui hasil peningkatan efektifitas belajar lempar cakram dengan
pendekatan media rotkram pada siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek Kabupaten
Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek Bantul tahun pelajaran 2016/2017
sejumlah 22 siswa. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan
dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 105 menit. Data yang diambil oleh
peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi
pengamatan perkembangan siswa dan tes unjuk kerja siswa melakukan lempar
cakram. Teknik analisis data yang digunakan secara berturutan dalam penelitian
ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran atletik lempar
cakram melalui pendekatan modifikasi media rotkram dapat meningkat. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tiap siklus yang diberikan selama
tindakan berlangsung. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keaktifan siswa
dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti
proses pembelajaran dan terlihat banyak siswa yang memperoleh kesempatan
mencoba tugas yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran
menjadi efektif dengan adanya hasil yang didapat atau tujuan proses pembelajaran
tercapai. Peningkatan kreatifitas siswa yang ditunjukkan dengan adanya siswa
yang menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru di
dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan ditunjukkan
dengan peningkatan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dan siswa
terlihat senang selama pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dan hasil
belajar siswa dapat meningkat serta peningkatan hasil tes keterampilan lempar
cakram yang sebagian besar siswa telah memenuhi KKM (75).Giyanta Giyanta