Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:58:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-13T00:24:56Z2019-01-29T22:18:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18538This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/185382015-05-13T00:24:56ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL
DAN MEDIA KARTU KONSEP BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MENURUT GAYA BELAJAR SISWADI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA DAN SMP NEGERI 15 YOGYAKAKRTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar; (2) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual; (3) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual-
auditorial; (4) Interaksi media dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS.
Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial. Populasi yaitu SMP N 14 dan SMP N 15 Yogyakarta dan sampelnya siswa VIII C SMP N 14 Yogyakarta dan siswa VIII G SMP N 15 Yogyakarta. Teknik sampel
menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Validasi instrumen dihitung dengan Product Moment, dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof-Smirnov dan uji
homogenitas menggunakan Levene Test. Analisis Two-way Anova satu pihak signifikansi 0,05.
Hasil eksperimen disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual F 7,392 nilai p 0,008; (2) hasil belajar dengan media audiovisual lebih rendah dibandingkan media visual gaya belajar visual dengan perbedaan rerata -6,528 nilai p 0,023; (3) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual gaya belajar visual-auditorial dengan perbedaan rerata 16,108 nilai p 0,000 (4) Terdapat interaksi media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS dengan F 41,28 nilai p 0,00.
Kata Kunci: Audiovisual, visual, hasil belajar IPS, gaya belajarSuheni Gita