Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:26:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-21T16:12:45Z2019-01-29T19:12:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13514This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135142015-03-21T16:12:45ZUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS III SD NEGERI SUREN TAHUN 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses menulis karangan siswa melalui media gambar seri di kelas III di SD Negeri Suren serta meningkatkan kemampuan mengarang siswa melalui media gambar seri di kelas III SD Negeri Suren Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Suren Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart, dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes menulis karangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari rerata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses menulis karangan dengan menggunakan media gambar seri, yaitu; 1) Menjelaskan materi tentang menulis karangan, 2) Memperkenalkan media gambar seri, 3) Membagikan media gambar
seri kepada siswa, 4) Menjelaskan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan 5) Memberikan contoh menulis karangan, 6)
Menugaskan siswa untuk mengamati gambar seri yang telah dibagikan, 7)
Menugaskan siswa untuk menulis karangan sesuai dengan media gambar yang dibagikan, 8) Memberikan bimbingan secara individual kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan, 9) Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, 10) mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan,
11) Menyimpulkan hasil pelajaran mengarang. Hasil pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri Suren Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis karangan pada siklus I meningkat menjadi 68,07 dari sebelumnya 60,12. Siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) meningkat menjadi 11 siswa (42,3%), pada prasiklus hannya 6 siswa (24,07%) Sedangkan, peningkatan nilai rata–rata kemampuan menulis karangan juga mengalami peningkatan pada siklus II Pada kondisi awal/prasiklus nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi 60,12 meningkat menjadi 77,11. Siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) meningkat dari prasiklus tindakan 6 siswa (24,07%) meningkat menjadi 23 siswa (88,46%).
Kata kunci: Kemampuan Mengarang Siswa dan Media Gambar SeriLestari Ginanjar