Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:54:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-09-04T03:40:33Z2019-01-30T15:05:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52677This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/526772017-09-04T03:40:33ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SD N NGLUWAR 1 KECAMATAN NGLUWAR MAGELANGPembelajaran akan lebih bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa belum terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas V SD N Ngluwar 1 Kecamatan Ngluwar Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya Pembelajaran Matematika Realistik pada proses pembelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika. Kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase partisipasi siswa dari siklus I sebesar 74,39% menjadi 88,56% pada siklus II. Hasil belajar matematika menunjukkan peningkatan dari dari pra tindakan sebanyak 8 siswa (21,62%) telah mencapai KKM menjadi 19 siswa (51,35%) pada siklus I dan 32 siswa (86,5%) pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika RealistikDimas Ginanjar