Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:05:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-25T02:09:14Z2019-01-30T06:05:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29265This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/292652016-01-25T02:09:14ZHUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA
DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT
MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN
AJARAN 2012/2013ABSTRAK
HUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA
DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT
MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN
AJARAN 2012/2013
Oleh : Gigih Isnafarid
NIM : 11502247003
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hasil Belajar
PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer, hubungan antara Sikap
Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer,
dan hubungan antara Hasil Belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses
Pembelajaran secara bersama-sama dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer
Prodi Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1
Salam Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Prodi Teknik Komputer
dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Pengumpulan data menggunakan
observasi untuk variabel Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran dan
dokumentasi untuk variabel Hasil Belajar PDLE dan Nilai Mata Diklat Merakit
Komputer. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji
multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi
Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan
korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan
signifikan Hasil Belajar PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal
itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,253, p-value 0,010 <
0,05, koefisien determinan (r2
x1y) sebesar 0,064, thitung sebesar 2,089 lebih besar
dari ttabel sebesar 2,000; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan Sikap
Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer.
Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,263, p-value 0,001 <
0,05, koefisien determinan (r2
x2y) sebesar 0,069, thitung sebesar 2,177 lebih besar
dari ttabel sebesar 2,000; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan Hasil Belajar
PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama
dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal itu ditunjukkan dengan Fhitung
3,556 lebih besar dari Ftabel 3,14 atau probabilitas 0,001. Koefisien determinan
(R2y1,2) sebesar 0,101 berarti bahwa 10,1% varians yang terjadi pada variabel
Nilai Mata Diklat Merakit Komputer ditentukan oleh varians yang terjadi pada
variabel hasil belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam proses pembelajaran.Isnafarid Gigih2013-07-26T03:12:12Z2019-01-29T18:45:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10631This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/106312013-07-26T03:12:12ZHUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA
DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT
MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN
AJARAN 2012/2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hasil Belajar
PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer, hubungan antara Sikap
Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer,
dan hubungan antara Hasil Belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses
Pembelajaran secara bersama-sama dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer
Prodi Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1
Salam Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Prodi Teknik Komputer
dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Pengumpulan data menggunakan
observasi untuk variabel Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran dan
dokumentasi untuk variabel Hasil Belajar PDLE dan Nilai Mata Diklat Merakit
Komputer. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji
multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi
Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan
korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan
signifikan Hasil Belajar PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal
itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,253, p-value 0,010 <
0,05, koefisien determinan (r2
x1y) sebesar 0,064, thitung sebesar 2,089 lebih besar
dari ttabel sebesar 2,000; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan Sikap
Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer.
Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,263, p-value 0,001 <
0,05, koefisien determinan (r2
x2y) sebesar 0,069, thitung sebesar 2,177 lebih besar
dari ttabel sebesar 2,000; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan Hasil Belajar
PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama
dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal itu ditunjukkan dengan Fhitung
3,556 lebih besar dari Ftabel 3,14 atau probabilitas 0,001. Koefisien determinan
(R2y1,2) sebesar 0,101 berarti bahwa 10,1% varians yang terjadi pada variabel
Nilai Mata Diklat Merakit Komputer ditentukan oleh varians yang terjadi pada
variabel hasil belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam proses pembelajaran.Isnafarid Gigih