Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:05:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-08T23:41:06Z2019-01-29T20:33:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15737This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/157372015-04-08T23:41:06ZPELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 4 WATES, KULON PROGOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis kecerdasan majemuk di kelas IV B SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis etnografi kelas. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV B SD Negeri 4 Wates. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini berlangsung pada bulan Mei-Juni 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles & Hubberman, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di kelas IV B belum mengacu pada langkah-langkah pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Hal ini terbukti belum adanya pengenalan terhadap kecenderungan kecerdasan majemuk peserta didik kelas IV B. Perencanaan pembelajaran yang dibuat belum mencantumkan kecerdasan yang akan dikembangkan. Strategi yang digunakan belum berdasarkan kecenderungan kecerdasan majemuk peserta didik kelas IV B meski sudah dilakukan variasi pada setiap pertemuannya. Penilaian yang dilakukan hanya memfasilitasi kecerdasan verbal linguistik dan logis matematis. Kecerdasan-kecerdasan yang dikembangkan pada kegiatan inti belum mendapat penilaian yang sistematis.
Kata kunci: Pembelajaran, IPS, Kecerdasan MajemukTania Gian Nitih