Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:15:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-22T02:32:24Z2019-01-30T06:04:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29243This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/292432016-01-22T02:32:24ZPENGEMBANGAN GAME PENGENALAN NAMA HEWAN
DALAM BAHASA INGGRIS
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SD
BERBASIS MACROMEDIA FLASHPENGEMBANGAN GAME PENGENALAN NAMA HEWAN
DALAM BAHASA INGGRIS
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SD
BERBASIS MACROMEDIA FLASH
Oleh
Ghea Putri Fatma Dewi
NIM. 08520244008
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dari game
edukasi animal pengenalan nama hewan dalam bahasa Inggris menggunakan
macromedia flash, mengetahui kelayakan game pengenalan nama hewan dengan
bahasa Inggris sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
SD kelas 4 berbasis macromedia flash, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap
penggunaan game edukasi nama hewan dalam bahasa Inggris berbasis macromedia
flash sebagai media pembelajaran dengan materi dasar pengenalan nama hewan
dalam bahasa Inggris, dan mengetahui kelayakan media tersebut sebagai sebuah
media pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal
dengan metode Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini
adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan pengujian.
Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh expert jugement atau
ahli media dan materi. Kemudian media di uji coba oleh siswa. Setelah dilakukan
validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, baru dilakukan
pengujian atau penelitian untuk mengatahui kelayakan di lapangan. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri Somokaton Klaten dengan melibatkan 38 siswa. Metode
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan tekhik analisis deskriptif.
Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli media pada rata-rata 4.32
termasuk dalam kategori sangat layak. Ahli materi pada rata-rata 4.59, termasuk
dalam kategori sangat layak, dan hasil uji coba siswa ada pada rata-rata 3.07
termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan media
pembelajaran game edukasi animal pengenalan nama hewan dalam bahasa Inggris
untuk kelas IV SD ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran
Kata Kunci
Pengembangan,Kelayakan, Media PembelajaranPutri Fatma Dewi Ghea