Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:47:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-10T00:55:28Z2019-10-01T12:00:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43509This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/435092016-11-10T00:55:28ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMP NEGERI 1 KLATENPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY. Kegiatan PPL fokus kepada hal – hal yang
berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan baik secara langsung maupun
tidak langsung. PPL mencakup kegiatan – kegiatan yang dilakukan seorang guru di
sekolah, baik itu pengajaran, maupun penyusunan materi dan evaluasi. Jadi, PPL
merupakan salah satu program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman
kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau suatu
lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau
kependidikan. Kegiatan PPL mengarahkan mahasiswa kepada pelatihan pengalaman
kepada mahasiswa terkait dengan kemampuan profesional dalam pembelajaran.
Dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis
dan mencari solusi dari berbagai persoalan atau masalah yang dihadapi di dunia
pendidikan atau sekolah, khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa
Inggris.
Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 2
Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP N 1 Klaten yang
beralamat di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No.20, Klaten Utara ini telah
terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing
Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik
dan lancar. Berdasarkan hasil observasi ada beberapa hal yang menjadi perhatian
dalam melaksanakan PPL meliputi ketersediaan fasilitas dan perlengkapan untuk
menunjang kegiatan belajar mengajar, pengembangan atau pendampingan kegiatan
non fisik, pembenahan lingkungan sekolah, penyusunan rancangan pembelajaran
dan media pembelajaran, praktik pengajaran terbimbing dan mandiri, serta
penerapan inovasi pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan,
evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapannya meliputi tahap persiapan pengajaran
di kelas dan tahap analisis hasil pembelajaran. Program yang diselenggarakan pada
kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar
siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja
nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas
dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan
menghasilkan input dan output yang andal.
Kegiatan PPL ini memberikan pemahaman kepada praktikan bahwa menjadi
seorang guru/tenaga pendidik itu tidaklah mudah karena banyak hal-hal yang harus
dipelajari untuk menjadi guru yang profesional. Praktikan kini lebih menyadari
pentingnya profesi seorang guru dan betapa besarnya jasa guru-guru dalam
membimbing siswanya.Ghazie Arsalan Syihaabullah Ghazie Arsalan Syihaabullah