Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:24:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-02T02:06:29Z2019-03-11T02:04:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47456This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/474562017-03-02T02:06:29ZKEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA MAMPU
DIDIK SISWA SMP LUAR BIASA DI SLB NEGERI PEMBINA
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016Latihan dan pembelajaran bagi anak tunagrahita membutuhkan pendekatan
dan metode yang tepat, sesuai dengan kebutuhan masing – masing anak. Aktivitas
fisik dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kemampuan
motorik kasar anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
ingkat kemampuan motorik kasar anaktunagrahita mampudidik siswa SMP Luar
Biasa di SLB Negeri Pembina Yogyakrta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai
dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Populasi dalam penelitian
ni adalah seluruh siswa tunagrahita SMP Luar Biasa di SLB Negeri Pembina
Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40anak. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan sebagian dari total populasi yaitu 30 responden.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar
anak tunagrahita mampu didik siswa SMP Luar Biasa di SLB Negeri Pembina
Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 2 siswa (6,67%) kurang, 2 siswa
6,67%) sedang, dan 26 siswa (86,67%) baik.Putranto Ghanang Sigit