Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:06:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-03-28T03:35:05Z2019-01-29T18:34:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10298This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/102982013-03-28T03:35:05ZMENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN
PADA PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
TEROPONG PECAHAN SISWA KELAS IVB SD NEGERI BANGIREJO 1
YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta terhadap konsep pengurangan pada pecahan menggunakan alat peraga teropong pecahan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dan observasi dianilisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga teropong pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta terhadap konsep pengurangan pada pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest sebesar 28%, akhir siklus I sebesar 60%, dan akhir siklus II semua siswa (100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 54, akhir siklus I 69,03, dan akhir siklus II 88,19.
Kata kunci : Alat Peraga Teropong Pecahan, pemahaman konsep pengurangan
pada pecahan, siswa kelas IVB.
Widyana Cahyaning Gerhastuti