Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:46:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-07T03:38:09Z2019-10-01T11:35:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51547This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/515472017-08-07T03:38:09ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM MAGELANGProgram Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas
Negeri Yogyakarta Praktek Pengalaman Lapangan dengan kelompok masyarakat
sekolah sebagai sasarannya bertujuan untuk memberi pengalaman manjerial kepada
mahasisa dan juga mahasiswa dapat belajar mengenai seluk-beluk sekolah dengan
segala kompleksitas permasalahannya serta memberi kesempatan untuk menerapkan
ilmu pengetahuan yang telah dipelajari untuk kemudian dikembangkan di sekolah
sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada
masyarakat dengan mentranfer, mentarnformasikan dan mengaplikasikan ilmu
pengetahuan kedalam masyarakat sekolah sebelum nantinya benar-benar menjadi
bagian dari masyarakat sekolah.
Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan disekolah SMK Muhammadiyah
1 Salam, tepatnya di Jalan Lapangan Jumoyo, Salam, Magelang, Jawa Tengah mulai
tanggal 16 Juli sampai 16 September 2016. Program Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL) merupakan kegiatan Pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal
16 Juli sampai 16 September 2016. Dalam kegiatan ini yang dilakukan selama PPL
antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat
ajar, dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat antaranya yaitu RPP,
silabus. Mata diklat yang diajarkan oleh praktikan adalah Alat ukur untuk kelas X
TSM B dan Sistem Bahan Bakar Bensin untuk kelas XI TSM A
Hasil dari kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa pada mata diklat alat ukur
dan system bahan bensin ini nilai akhir untuk kelas X TSM B 79,6 dan Kelas XI
TSM B yaitu 77,6 dengan KKM 75. Dengan adanya nilai KKM dapat mengerti tolak
ukur kemampuan peserta didik masing - masing.Ganjar Isnu Hardika Ganjar Isnu Hardika