Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:01:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-27T08:02:08Z2019-01-29T17:11:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7729This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77292012-11-27T08:02:08ZUPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI CEPAT MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SILIRAN KULON PROGOPenelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari cepat
melalui metode bermain pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Siliran Kulon
Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu salah satu
jenis penelitian yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembeajaran di
kelasnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Muhammadiyah Siliran Kulon Progo yang berjumlah 25 anak. Subjek penelitian
terdiri atas 13 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dengan observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap
subjek penelitian selama penelitian dengan lembar observasi yang sudah
disiapkan, pengamatan sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan setelah
pembelajaran, serta angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi,
angket, dan catatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran lari
cepat melalui metode bermain. Peningkatan ditunjukkan adanya peningkatan
motivasi, kerjasama, dan perkembangan gerak lari cepat siswa dalam
pembelajaran. Hasil untuk motivasi siswa 84% kategori baik, 16% siswa kategori
cukup. Kerjasama siswa 88% kategori baik, 12% siswa kategori cukup. Untuk
perkembangan gerak lari cepat siswa 92% kategori baik, 8% kategori cukup.
Sedangkan untuk hasil tes akhir setelah tindakan skor rata-rata yang diperoleh
siswa adalah 79,6.
Kata kunci: lari cepat, Bermain, Siswa kelas V SDNugroho Ganjar