Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:57:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-08-07T01:45:10Z2019-01-29T15:18:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2845This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28452012-08-07T01:45:10ZEFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 3 KLATEN
TAHUN AJARAN 2007/2008
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap peningkatan kualitas di SMA dilihat dari aspek: (a)peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik, (b)peningkatan motivasi peserta didik untuk belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Klaten. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XE) dan kelas kontrol (XF) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia dan data prestasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova), data motivasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rerata nilai kelas kantrol Iebih besar dari pada kelas eksperimen jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (Fo=26.651; p=0,000). Hasil analisis dari uji-t beda subjek menunjuickan tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembeiajaran menggunakan metode kooperatif tipe TUT dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi (to=0,948; p=0,346). Hasil analisis dari uji-t sama subjek menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe 7GT (to = -3,532; p = 0,001).Yulianti Galuh Ikasari