Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:41:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-24T06:00:24Z2019-10-01T12:07:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52443This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/524432017-08-24T06:00:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 2 WONOSARIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakansuatuwadahuntukmenerapkan/mengaplikasikanilmu yang selamainitelahdipelajaridalambidangkeahlianmaupunilmukeguruan yang berkaitandenganpesertadidikdalam proses belajarmengajar. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Praktek mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli s.d. 21 September 2013 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunung Kidul.
Dalam praktek mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing disekolah. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas X TA 1, X TA 2, XI TA 1 dan XI TA 2. Kurikulum yang digunakan adalah untuk kelas X sudah menggunakan Kurikulum 2013 sedangkan untuk kelas XI masih menggunakan kurikulum KTSP, maka untuk penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengikuti kurikulum yang digunakan. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode diskusi, demostrasi, praktek, latihan. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis dan peralatannya, lembar kerja/jobsheet.
Kegiatan praktek mengajar dilakukan di ruang kelas masing-masing dan di ruang gambar. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajat sebanyak 3 kali pertemuan tiap kelas. Materi yang telah diajarkan untuk kelas X TA 1 dan X TA 2 adalah Gambar Manual, sedangkan materi yang telah diajarkan untuk kelas XI TA1 dan XI TA 2 adalah Survey dan Pemetaan. Pada pelaksanaan PPL penulis juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam mengajar.GaluhJatiChatamsi GaluhJatiChatamsi