Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:45:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-05-17T01:48:46Z2019-01-29T18:40:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10450This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/104502013-05-17T01:48:46ZANALISIS DAN PERANCANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK PADA MATERI BASIS DATA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang bahan ajar yang berupa Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis Web pada Materi Basis Data di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta melalui proses perancangan web design serta analisis pengujian unjuk kerja dan kelayakan sistem. Diharapkan bahan ajar berbasis web ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang mampu membantu pelaksanaan pembelajaran di SMK dan dapat di pelajari siswa secara mandiri.
Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat lunak SDLC model Waterfall yang terdiri dari 4 tahap utama pengembangan. Tahap pertama adalah analisis kebutuhan, yang dibagi menjadi 2 yaitu analisis fungsional dan analisis pengembangan. Tahap kedua adalah Desain, terdiri dari desain sistem menggunakan UML, desain interface, serta desain database. Tahap ketiga adalah implementasi dan tahap ke empat adalah pengujian. Pengujian dilakukan oleh ahli media untuk memvalidasi desain web serta oleh pengguna untuk mengetahui kelayakan usability sistem.
Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak yang telah dikembangkan menunjukkan hasil seperti berikut : 1) pembuatan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis Web pada Materi Basis Data di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta telah melalui serangkaian proses pengembangan web dari analisis hingga pengujian yang sesuai dengan web checklist; 2) unjuk kerja dari bahan ajar yang berupa Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis Web pada Materi Basis Data di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta secara keseluruhan masuk dalam kategori “Layak” dengan tingkat persentase 76,21%.
Anjari Galih Tyas 2013-05-06T04:17:26Z2019-01-29T18:39:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10441This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/104412013-05-06T04:17:26ZANALYSIS AND DESIGN STUDENT WORKSHEET ON ELECTRONIC
MATERIALS DATABASE AT SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
YOGYAKARTAThis study aims to analyze and design the learning materials in the form of
Student Worksheet on the Web-Based Electronic Materials Database at SMK Negeri
2 Depok Sleman Yogyakarta through the design process of web design as well as
performance testing and analysis of the feasibility of the system. Web-based teaching
materials can be used as an alternative source that can assist in the implementation
of vocational learning and help students learn independently.
Development methods used in this study is SDLC Waterfall model that
consists of 4 main stages of development. The first stage is the analysis of
requirements, which are divided into functional analysis and development analysis.
The second stage is the design, consisting of a system design using UML, interface
design, and database design. The third stage is the implementation and the fourth
stage is testing. Tests conducted by media experts to validate design webs as well as
by the user to determine the feasibility of ussability the system.
Based on the results of software testing that has been conducted showing the
results as follows: 1) creation of teaching materials in the form of Student Worksheet
on Web-Based Electronic Materials Database at SMK Negeri 2 Depok Sleman
Yogyakarta has been through a series of web development process from analysis to
testing in accordance with the web checklist, 2) the performance of the materials in
the form of Student Worksheet on web-Based Electronic materials Database at SMK
Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta overall is in the category of "Good" with a
percentage rate of 76.21%.
Keywords : web-based teaching materials, system performance, feasibility.Anjari Galih Tyas