Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:18:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-15T07:43:24Z2019-01-30T03:58:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26978This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/269782015-10-15T07:43:24ZFAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN
PENGELOLAAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT
(PKBM) PIONEER DI KECAMATAN JATEN
KABUPATEN KARANGANYARPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Bagaimana pengelolaan di
lembaga PKBM Pioneer, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi pengelolaan di lembaga PKBM Pioneer, (3) Bagaimana tingkat
keberhasilan pelaksanaan program berdasarkan pengelolaan di lembaga PKBM
Pioneer.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, tutor, warga belajar, dan
masyarakat sekitar PKBM Pioneer. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti
merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh
pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik
yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan
pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan
keabsahan data dengan menggunakan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan PKBM Pioneer
dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan dengan musyawarah mufakat
dan membagi program menjadi pokok serta penunjang, pengorganisasian
dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, penggerakan menggunakan
pendekatan kesejawatan dan produktivitas, pembinaan dilakukan oleh Dinas
Pendidikan dengan monitoring dan evaluasi sedangkan di internal PKBM Pioneer
lebih bersifat luwes, evaluasi menggunakan instrument dari dinas terkait.
(2) Faktor pendukung yang mempengaruhi dalam pengelolaan PKBM Pioneer
yaitu: (a) Dukungan dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karanganyar,
(b) Dukungan dari masyarakat sekitar, (c) Popularitas lembaga, (d) Kepercayaan
lembaga mitra, (e) Komitmen Pengelola, (f) Fasilitas yang memadai, (g) Motivasi
belajar yang tinggi, (h) Adanya program pengembangan unit usaha sebagai bentuk
lapangan pekerjaan bagi warga belajar dan (i) Keikutsertaan pengelola dalam
diklat dan workshop. Sedangkan yang menjadi Faktor penghambat adalah
pendanaan dan konsep belajar warga belajar tentang pendidikan sepanjang hayat
masih kurang. (3) Keberhasilan pengelolaan antara lain: (a) partisipasi masyarakat
yang terlibat relatif tinggi, (b) program bermanfaat bagi masyarakat, (c) mutu dan
relevansi program terhadap kebutuhan masyarakat, (d) terciptanya kemandirian
dan keberlanjutan lembaga.
Kata kunci : faktor, keberhasilan, dan pengelolaan PKBMGalih Galih Sumarah Erilantu