Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:58:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-14T06:26:12Z2019-10-01T11:48:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36410This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/364102016-07-14T06:26:12ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015
DI SD NEGERI SINDUADI 2
Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib
dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan
semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching. Kegiatan PPL
dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 1 bulan di sekolah yang
telah ditentukan oleh pihak LPPM. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan
pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan
kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati
permasalahan lembaga pendidikan yang terkait. Terlebih dahulu mahasiswa diberi
pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan
pada tanggal 05 Agustus 2015 sedangkan observasi dilakukan dengan cara
mendatangi langsung lokasi pada akhir bulan Februari 2015. Dari hasil observasi
yang lakukan sebelum pelaksanaan PPL dimulai. Program yang kami rencanakan
ada dua, yaitu: program mengajar dan non mengajar . Program PPL Mengajar
antara lain Pembuatan RPP, konsultasi RPP, Pembuatan Media Pembelajaran,
Mengajar kelas/ jam kosong. Program Non mengajar antara lain Pramuka,
Pembuatan Taman Bermain, Menghias sekolah untuk memperingati HUT
Republik Indonesia, Lomba 17-an, Pembuatan apotik hidup, Pelatihan Upacara,
pengoptimalan dan penataan perpustakaan, pengukuran IMT dan pembuatan
poster edukasi.
Dari program PPL ini praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman
faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolah lainnya yang
sangat berguna untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik
yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang
diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL Program yang direncanakan semua
terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antara anggota
kelompok maupun pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu PPL sangat
bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sekaligus
sebagai penyesuaian sebelum terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara
nyata. Meskipun ada hambatan pada kelompok kami, tetapi hambatan yang ada
bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua
hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL
ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari
berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.Galih Kusuma Atmaja Galih Kusuma Atmaja