Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:36:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-21T01:34:58Z2019-01-30T14:54:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52251This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/522512017-08-21T01:34:58ZPENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, KINERJA MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI SMK YPKK 3
SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 2) Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 4) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 5) Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMK YPKK 2 Sleman dengan N=35. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian terdapat pengaruh positif: 1) Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx1y = 0,536; r2x1y= 0,287; thitung (3,588) > ttabel (2,045), 2) Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx2y = 0,634; r2x2y = 0,403; thitung (4,644) > ttabel (2,045). 3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx3y = 0,345; r2x3y = 0,119; thitung (2,077) > ttabel (2,045). 4) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx4y = 0,357; r2x4y = 0,128; thitung (2,164) > ttabel (2,045). 5) Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan Ry(1,2,3,4) = 0,644; R2y(1,2,3,4) = 0,415; Fhitung (5,149) > Ftabel (2,701). Nilai Sumbangan Relatif Motivasi Belajar Siswa sebesar 15%, Kinerja Mengajar Guru sebesar 78%, Perhatian Orang Tua sebesar 3%, Lingkungan Teman Sebaya sebesar 4% sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 41,5%.PRAMULIA GUNTARI AWIT