Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:51:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-15T04:35:09Z2019-10-01T12:00:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39728This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/397282016-08-15T04:35:09ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2014/2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 1
Kalasan selama dua bulan sejak 2 Juli – 17 September 2014. Tujuan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa untuk menetapkan
pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran
sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa memiliki pengalaman
faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon
tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga
akademis kependidikan.
Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari
observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan
pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pembelajaran dan
format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Agustus 2014
dengan jumlah jam mengajar sebanyak 18 jam.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat
memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali
pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 10 kali pertemuan.
Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun
hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melaksanakan PPL terutama dalam
proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dalam memahami pelajaran dan
adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan secara berulang dan pendekatan kepada
siswa yang pasif dilakukan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan tersebut.
Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian,
pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan
untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses
pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara
berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan,
perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah.
Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama yang
baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri agar tidak terjadi miss
komunikasi dalam pelaksanaan PPL. Pihak sekolah hendaknya memfokuskan
penempatan peserta didik di satu atau dua kelas saja agar proses pembelajaran lebih
efektif dan praktikan bisa mengetahui perkembangan peserta didiknya.Febry Kurniawan Febry Kurniawan