Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:56:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-23T01:49:40Z2019-10-01T11:35:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46309This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/463092017-01-23T01:49:40ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DEPOK
CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang digunakan
sebagai media pengaplikasian hasil belajar mahasiswa selama di bangku kuliah.
Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan micro teaching serta dipergunakan
untuk mencari ilmu yang bersifat konkret. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk
memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon
pendidik, sehingga mahasiswa dapat mengambil pembelajarannya sebagai sarana
pengembangan kemampuan.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) dengan melakukan praktik langsung ke sekolah-sekolah
sebagai pendidik. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP
Negeri 2 Depok, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15
September 2016. Namun, pada kenyataannya mahasiswa melaksanakan PPL sebelum
tanggal itu karena mengikuti serangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru
(PPDB).
Pengajaran di kelas diharapkan mampu memenuhi syarat 4 kali mengajar
terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, atau dapat melaksanakan 6 kali mengajar
dengan kelas paralel. Pada pelaksanaannya penyusun yang berasal dari Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapat jatah mengajar kelas VII A.
Pembagian jadwal mengajar yang hanya satu kelas ini dikarenakan guru pembimbing
(Kepala Sekolah) hanya memiliki 2 kelas mengajar, oleh karena itu dibagi untuk 2
mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, modeling,
eksperimen, diskusi kelompok, observasi, dan tanya jawab. Media yang digunakan
berupa audio video, permainan, dan media nonelektonik (LK, kertas manila, stiky
note).
Secara umum semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, namun terdapat
beberapa kendala seperti sulitnya mengatur siswa yang terlalu aktif sendiri dan
kurang memperhatikan pelajaran. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan
nasihat dan perhatian lebih kepada siswa. Terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang professional dan berkualitas
yang mampu menjadikan dunia pendidikan lebih baik.Febriyani Dwi Rachmadani Febriyani Dwi Rachmadani