Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:25:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-06T02:25:19Z2019-01-30T14:25:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50458This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/504582017-07-06T02:25:19ZPENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN
EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR
TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA
MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (3) Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (4) Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY (5) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar secara bersama-sama terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY.
Penelitian ini termasuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel sebanyak 120 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (3) Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (4) Terdapat pengaruh positif Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (5) Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar secara bersama-sama terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY.Firdha Febriyani