Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:38:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-11T02:59:12Z2019-01-30T05:21:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28142This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/281422015-11-11T02:59:12ZPENGEMBANGAN DIKTAT PADA DIKLAT
GAMBAR TEKNIK MESIN
DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTAABSTRAK
PENGEMBANGAN DIKTAT PADA DIKLAT
GAMBAR TEKNIK MESIN
DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Oleh
Febriansyah Bakri
05503244019
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang diktat
pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran
Gambar Teknik Mesin dan mengetahui kelayakan diktat pembelajaran pada diklat
Gambar Teknik Mesin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research
and Development). Tempat penelitian di Jurusan Teknik Pemesinan, SMK PIRI 1
Yogyakarta. Penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran berupa diktat
pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket dan soal evaluasi. Metode yang
digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif
kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap
kategori skala penilaian yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran telah layak
digunakan sebagai sumber belajar. Menurut ahli materi pembelajaran secara
keseluruhan penilaian memperoleh persentase sebesar 82,14 % dimana dalam skala
persentase termasuk dalam kategori sangat layak, menurut ahli media secara
keseluruhan memperoleh persentase 92,31% termasuk dalam kategori sangat layak,
uji coba pemakaian kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 71,88 %
termasuk dalam kategori layak dan pada uji coba pemakaian lapangan penilaian
memperoleh persentase sebesar 74,76% termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan
hasil uji ahli materi pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji coba kelompok
kecil dan uji lapangan mengindikasikan bahwa media pembelajaran berupa diktat
yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada diklat
Gambar Teknik Mesin.Bakri Febriansyah2012-07-10T06:27:28Z2019-01-29T14:43:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2067This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20672012-07-10T06:27:28ZPENGEMBANGAN DIKTAT PADA DIKLAT GAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTABakri Febriansyah