Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:56:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-19T00:53:33Z2019-10-01T11:48:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31266This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/312662016-04-19T00:53:33ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI TAMAN KANAK-KANAK PKK 49 MANGUNAN
MANGUNAN, DLINGO, BANTULPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasiilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata.Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan Taman Kanak-Kanak.Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yangprofesional.Dimana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasipendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, modelpembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dananalisis hasil yang baik.
Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaranmikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan.Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa.Kurikulum yang digunakan untuk TK PKK 49 Mangunan adalah kurikulum 2010 dan menggunakan basis budaya.Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan percobaan. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pada pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan menggunakan pembelajaran klasikal. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah penugasan, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi.
Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, modelserta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa penyesuaian. Dalam pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan ini hasil yang dicapai adalah daya serap siswa rata-rata di TK PKK 49 Mangunan adalah Berkembang Sesuai Harapan. Dari serangkaian kegiatan PPL tersebut mahasiswa praktikan dapat mengetahui secara langsung bagaimana pendidik yang profesional.Febrian Wahyu Wulandari Febrian Wahyu Wulandari