Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:42:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-01-28T03:45:41Z2019-01-29T18:27:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10056This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/100562013-01-28T03:45:41ZPENGARUH PENGGUNAAN VIDEOPEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran roda dan ban.
Desain penelitian ini adalah Non-equivalent kontrol group design.Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket.Untuk mengetahui validitas instrumen denganmengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement).Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, dengan hasil bahwa instrumennya reliabel. Prasyarat Normalitas data menggunakan analisis Kolmogorov-Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample t-Test
Minat belajar siswa yang diajar dengan menggunakan video pembelajaranlebih tinggi daripada minat belajar siswa yang diajar tidak menggunakan video pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada data minat belajar setelah perlakuan antara kelas eksperimendankelas kontrol yang diperoleh thitung sebesar 7,739 dan ttabel sebesar 1,993; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (125,500>107,3889). Dengan demikianpenggunaan video pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar siswa dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Budiman Febrian Arif