Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:21:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-11T02:34:11Z2019-01-30T05:20:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28139This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/281392015-11-11T02:34:11ZPENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN
TERHADAP MINAT BELAJAR
SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN
TERHADAP MINAT BELAJAR
SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Febrian Arif Budiman
09504247007
Kompetensi yang berkaitan dengan roda dan ban, wajib dikuasai oleh
siswa dan memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat kecelakaan di jalan
karena faktor teknis kendaraan. Selain itu, roda dan ban merupakan bagian
penting dari kendaraan yang berfungsi mendukung kenyamanan berkendara,
menopang kendaraan, memindahkan gaya dan daya ke jalan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap
minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran roda dan ban.
Desain penelitian ini adalah Non-equivalent kontrol group design.
Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket. Untuk mengetahui
validitas instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert
judgement). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha
Cronbach, dengan hasil bahwa instrumennya reliabel. Prasyarat Normalitas data
menggunakan analisis Kolmogorov-Smirnov dan Homogenitas dihitung
menggunakan uji F. Hasil dari kedua pengujian prasyarat analisis tersebut
menujukkan bahwa data penelitian normal dan homogen. Teknik analisis data
yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris
yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan
penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan video pembelajaran lebih tinggi daripada minat
belajar siswa yang diajar tidak menggunakan video pembelajaran. Hal tersebut
ditunjukkan dari hasil uji-t pada data minat belajar setelah perlakuan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh thitung sebesar 7,739 dan ttabel sebesar
1,993; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol (125,500>107,3889). Dengan demikian penggunaan video pembelajaran
berpengaruh terhadap minat belajar siswa dan dapat meningkatkan minat belajar
siswa.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Minat Belajar.Arif Budiman Febrian