Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:32:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-27T04:11:49Z2019-01-30T07:28:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31687This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/316872016-04-27T04:11:49ZTINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP
PERMAINAN KASTI DI SD N JLABAN KECAMATAN
SENTOLO KABUPATEN KULON PROGOPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap
permainan kasti dan belum diketahuinya tingkat pemahaman siswa terhadap
permainan kasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman
siswa kelas atas terhadap permainan kasti di SD Negeri Jlaban, Sentolo, Kulon
Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan
adalah angket. Penyusunan instrumen menggunakan langkah-langkah:
mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir pernyataan.
Setelah instrumen tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli
(judgement) selanjutnya diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas (IV, V, dan VI) di SD Negeri Jlaban
dengan jumlah 65 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis
deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas
terhadap permainan kasti di SD Negeri Jlaban berada pada kategori sangat tinggi
sebesar 10,8% (7 siswa), kategori tinggi sebesar 16,9% (11 siswa), kategori
sedang sebesar 43,1% (28 siswa), kategori rendah sebesar 21,5% (14 siswa), dan
kategori sangat rendah sebesar 7,7% (5 siswa). Sehingga dapat disimpulkan
bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas terhadap permainan kasti di SD
Negeri Jlaban masuk dalam kategori sedang.Febria Leny Sundari