Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:19:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-06T01:04:34Z2019-10-01T11:35:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46841This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/468412017-02-06T01:04:34ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI
SMP NEGERI 1 NGEMPLAK
Jalan Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman YogyakartaPelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata
kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam
menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di
Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa
agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan
majerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 1
Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani. Kegiatan PPL terbagi dalam
beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar Tahap
persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016.
Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang
merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Tahap
pelaksanaan mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir tanggal 15
September 2016. Praktikan melakukan praktik mengajar di kelas VII B dan VII D
dalam mata pelajaran matematika. Tatap muka di kelas dilakukan sebanyak 12 kali
dengan 8 RPP yang berbeda dan 2 kali ulangan harian, serta 2 kali program remidial.
Dalam praktik mengajar, praktikan 3 kali menggunakan kuis sebagai kegiatan
apersepsi dan evaluasi. Media pembelajaran yang digunakan berupa LKS yang
menunjang proses pembelajaran. Selain itu praktikan juga membuat media
pembelajaran dari pita jepang yang digunakan untuk materi pengenalan operasi
hitung pada bilangan bulat serta kertas lipat yang didesain untuk materi pecahan.
Ulangan diadakan setelah materi pada bab Bilangan selesai sebagai evaluasi dari
pembelajaran.
Hasil dari ulangan harian yang telah dilakukan dengan hasil kurang baik. Dari
64 siswa siswa yang nilainya lebih dari KKM adalah 13 siswa. Langkah selanjutnya
yang dilakukan praktikan adalah membuat program perbaikan individu. Program
perbaikan individu akan dilaksanakan oleh praktikan. Setelah program perbaikan
selesai, praktikan membuat rencana pembelajaran untuk materi selanjutnya yaitu
Himpunan. Guru mata pelajaran juga memberikan evaluasi terhadap praktikan
tentang proses pembelajaran selama PPL. Evaluasi yang diberikan yaitu tentang
pengelolaan kelas. Praktikan masih kurang dalam pengelolaan kelas. Namun, dalam
penyampaian materi sudah cukup baik dan tidak ada masalah. Evaluasi dan
masukkan yang diberikan oleh guru pamong sangat bermanfaat serta diharapkan
dapat menjadi bahan pembelajaran untuk perbaikan kedepannya.Febri Harina Alwi Febri Harina Alwi