Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:38:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-23T01:45:12Z2019-10-01T12:06:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52365This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523652017-08-23T01:45:12ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDANPraktik Pengalaman Lapongan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang
memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMK
Muhammadiyah 1 Moyudan sebagai salah satu lokasi PPL tahun ajaran 2013/2014.
Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan
antara lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah,
persiapan mengajar, pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di
kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi,
dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.
Dengan PPL ini praktikan memperoleh kesempatan untuk menghadapi kondisi
nyata dalam proses belajar mengajar. Selain itu juga memperoleh pengalaman yang
sangat berguna dalam penguasaan kompetensi keilmuan dan keterampilan bidang
studi, keterampilan pengembangan profesi, dan kompetensi dalam pembentukan
kepribadian sebagai pendidik yang profesional. Mengingat besarnya manfaat dan
hasil yang diperoleh dalam PPL ini, kiranya perlu untuk terus ditingkatkan kerjasama
yang harmonis antara UNY sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga
akademis dengan pihak sekolah. Selain itu juga perlu untuk mengoptimalkan
program- program PPL yang telah disusun dalam rancangan kegiatan sebagai salah
satu upaya pencapaian Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ).
Mengenai mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan mata pelajaran yang
dikuasai, yaitu Pendidikan Teknik Boga. Kegiatan PPL meliputi mengajar di kelas,
pembuatan Rencana Pembelajaran, Pembuatan Media Pengajaran, Pelaksanaan
penilaian, serta pembuatan minggu efektif, Rencana Pembelajaran dan Silabus satu
semester. Dalam pelaksanaan PPL melaksanakan mengajar secara resmi sebanyak 9
kali dalam 5 minggu, yaitu mengajar di kelas XI, dalam 1 minggu mengajar selama 2
kali tatap muka sebanyak 6 jam pelajaran (6 x 45 menit). Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran bagi kelas XI masih mengikuti kurikulum KTSP.
Kegiatan praktikan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak Universitas
Negeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL ini dapat memberikan
pengelaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses
pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta
mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan
sebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang profesional
yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang
memadai sesuai dengan bidang masing- masing.Fauziah Rahayu Tri Utami Fauziah Rahayu Tri Utami