Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:28:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-26T08:20:18Z2019-03-11T02:26:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14333This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/143332015-03-26T08:20:18ZHUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 INDRAMAYUPenelitian ini dilaksanakan karena belum diketahui hubungan antara status gizi dan prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Indramayu, serta sebagai sumber informasi untuk guru dan orang tua siswa tentang status gizi anak beserta kaitannya dengan tingkat prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Indramayu Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif yang termasuk jenis
penelitian analitik survei dengan pendekatan crossectional. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Indramayu, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Indramayu. Pengumpulan status gizi diperoleh dari data pengukuran berat badan dan tinggi badan, yang kemudian diolah menggunakan program Nutrisurvey 2005 Indonesian Versions untuk mengetahui indeks masa tubuh (IMT) siswa, sedangkan prestasi belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata rapor siswa semester I. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang kuat antara status gizi dan tingkat prestasi belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Indramayu. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar
(ݎ௫௬ ) sebesar 0,125 > r tabel (0,195). Hal ini diduga karena masalah gizi siswa di
SMK N 2 Indramayu masih dalam tahap ringan sehingga tidak mempengaruhi
prestasi belajar, selain itu dikarenakan ada faktor lain yaitu faktor psikologi (minat, bakat, motivasi), faktor sosial, dan pendekatan belajar (metode dan strategi belajar), yang lebih kuat daripada status gizi yang mampu memepengaruhi prestasi belajar siswa di SMK N 2 Indramayu.Fauzan E. Fauzan Effendy