Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:15:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-13T02:07:32Z2019-01-29T17:46:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8765This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87652012-12-13T02:07:32ZPENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar, 2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar, 3)
Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi
Belajar.
Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan subyek penelitian siswa
kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta
Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 91 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Uji coba instrumen yang
berjumlah 46 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product
Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji hipotesis
menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Analisis regresi
sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri
dengan variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui kedua variabel bebas secara
bersama-sama dengan variabel terikat digunakan analisis regresi ganda dengan dua
prediktor. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat
analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar ditunjukkan dengan
lebih besar dari dengan N = 91 pada taraf signifikansi 5% (8,593>2,000)
dan koefisien korelasi sebesar 0,673; 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar ditunjukkan dengan
lebih besar dari dengan N= 91 (7,953>2,000) dan koefisien korelasi sebesar
0,645; 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dan
Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar, hal tersebut
ditunjukkan dari lebih besar dari (62,700>3,44) dan koefisien
determinasi sebesar 0,588. Sedangkan sumbangan efektif masing-masing variabel
yaitu sebesar 58,8%, untuk variabel motivasi belajar 31,9%, dan untuk variabel
lingkungan keluarga 26,9%, sedangkan sumbangan relatif atau sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi BelajarCahya Fauki