Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:17:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-19T06:47:33Z2019-01-30T14:19:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49848This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/498482017-06-19T06:47:33ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X TKJ A SMK NEGERI 2 KLATENPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X TKJ A SMK Negeri 2 Klaten dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two
Stray.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A berjumlah 35 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKJ A pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 2 Klaten. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat pada masingmasing siklus. Rata-rata prosentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 53.64%, kemudian meingkat pada siklus II menjadi 61.38%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus 46%, kemudian mengalami kenaikan di siklus I menjadi 55.88%, dan 77.14% di siklus
II.
Kata kunci: PTK, Two Stay Two Stray, keaktifan, hasil belajar, Sistem KomputerRahmawati Fatma Indah