Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:47:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T06:54:53Z2019-10-01T12:00:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37408This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/374082016-07-25T06:54:53ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
di SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA
Jl. A.M Sangaji No.50 YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
yang dilaksanakan secara terpadu mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan
tanggal 17 September 2014 yang memiliki tujuan guna memperoleh pengalaman
sewaktu berada di lapangan tempat praktik sebenarnya. Dengan adanya praktik
tersebut, maka mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari
pembekalan teori dari bangku perkuliahan sehingga dapat dimanfaatkan dan
digunakan sebagai bahan atau bekal dalam melaksanakan praktik di lapangan. PPL
Terpadu ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa
khususnya praktikan yang mengambil program kependidikan. Oleh karena itu
program PPL Terpadu dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah dan lembaga
lembaga pendidikan.. Program kegiatan PPL Terpadu ini memiliki sasaran yaitu
masyarakat yang pada lingkup dunia kependidikan yang berada di sekolah-sekolah
atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Praktikan pada kegiatan PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMA Negeri
11 Yogyakarta. Kegiatan PPL Terpadu ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan
program individu serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses
pembelajaran dan metode pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses
kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai
suatu bekal untuk menjadi seorang calon tenaga kependidikan atau guru yang dapat
memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup
tinggi. Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih
dahulu dengan praktik pembelajaran “Micro Teaching” di bangku perkuliahan.
Sedangkan sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan
observasi ke lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang
bersangkutan. Hasil Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam
pembuatan program kerja kelompok maupun individu.
Kegiatan PPL yang dilakukan oleh praktikan yaitu praktik mengajar kelas X
IIS 1,X IIS 2 dan X MIA 5 mata pelajaran Geografi, yang dijadikan sebagai bekal
guna persiapan menghadapi dunia kependidikan di sekolah sebagai seorang tenaga
guru atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai dari tanggal 2
Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 dengan metode pembelajaran ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan permainan.
Para mahasiswa PPL 2014 khususnya praktikan memperoleh banyak manfaat,
pengalaman, dan bekal yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau pedoman
ketika nanti kelak sudah benar-benar terjun dalam lingkup dunia kependidikan.
Dengan adanya pengalaman mengajar merupakan salah satu bentuk kemampuan
dan ketrampilan dalam menyampaikan kejelasan materi pembelajaran maupun
menyampaikan argumentasi di depan umum sehingga sangat bermanfaat dan
berguna sekali sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan di bangku
perkuliahan. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak
sekolah dan mahasiswa khususnya praktikan guna pengembangan kompetensi.Fatma Dewi Fatma Dewi