Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:03:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-09T00:56:28Z2019-10-01T11:35:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51711This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/517112017-08-09T00:56:28ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 WONOSARIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi
mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mata kuliah ini
bersifat aplikatif dan terpadu dari keseluruhan pengalaman belajar yang telah
ditempuh sebelumnya ke dalam pelatihan di lapangan untuk mewujudkan salah satu
misi UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan,
dan keterampilan sebagai tenaga profesional.
PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosari ini dilaksanakan kurang
lebih selama 2 bulan dari tanggal 18 Juli 2016 – 14 September 2016. Kegiatan ini
diawali dengan penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada tanggal 4
Maret 2016 sebagai permohonan izin awal adanya PPL oleh mahasiswa UNY di
SMA N 1 Wonosari.
Kegiatan PPL di SMA N 1 Wonosari diikuti oleh 14 mahasiswa yang terdiri
dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan
Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan
Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa jurusan
Pendidikan Bahasa Jawa dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di SMA N 1 Wonosari meliputi kegiatan
persiapan, praktik mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi
observasi yang dilakukan sebelum praktik mengajar dan praktik persekolahan
dilakukan, observasi dilakukan di kelas dan di lingkungan sekolah guna mengetahui
kondisi dan kultur sekolah. Sedangkan praktik mengajar dilakukan di kelas XII MIPA
3 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, topik yang diajarkan meliputi akuntansi
sebagai sistem informasi, persamaan dasar akuntansi, nama dan kode akun, jurnal
umum, buku besar dan neraca saldo. Praktik mengajar ini dilaksanakan sebanyak 10
kali pertemuan di kelas XII MIPA 3. Selain itu, praktikan juga mengajar di kelas XII
IPS 1 sebanyak 2 kali pertemuan, XII IPS 2 sebanyak 2 kali pertemuan dan XII IPS 3
sebanyak 3 kali pertemuan. Selain mengajar di kelas, praktikan juga membuat bank
soal akuntansi, prota, prosem, dan instrumen penilaian yang diguanakan untuk
melengkapi administrasi sebagai seorang calon guru. Sedangkan praktik persekolahan
seperti menjadi guru piket, pendampingan ekstra kurikuler, dan pendampingan
keputrian juga dilaksanakan selama di SMA N 1 Wonosari.
vii
Berlangsungnya kegiatan PPL di SMA N 1 Wonosari juga tak lepas dari
bantuan guru pembimbing yang selalu mengarahkan dan membimbing bagaimana
keseharian menjadi seorang guru, bagaimana cara mengajar dengan baik yang
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, serta administrasi apa saja yang harus
dibuat seorang guru yang juga disesuaikan dengan peraturan yang ada. Praktikan juga
dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang membimbing cara
pengajaran yang baik sebelum penerjunan PPL serta selalu menanyakan kendala
praktikan selama PPL berlangsung. Harapannya dengan adanya PPL ini dapat
menjadi wadah untuk calon guru seperti praktikan dalam belajar bagaimana menjadi
guru yang profesional.Fatika Marjatiningrum Fatika Marjatiningrum